MENUJU INDONESIA BEBAS TB

Berita Pers
No.06.06.70.2016


GERAKAN KELUARGA MENUJU INDONESIA BEBAS TB


Jakarta, 3 Maret 2016.

Setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) untuk mengenang jasa Dr Robert Koch, ilmuwan Jerman yang menemukan kuman penyebab penyakit Tuberkulosis, yakni Mycobacterium tuberculosis.
Pada tahun 2016, Tema Global HTBS adalah "Unite To End TB". Sedangkan Tema Nasional adalah "Gerakan Keluarga Menuju Indonesia Bebas TB" melalui Gerakan “Temukan TB, Obati Sampai Sembuh (TOSS TB)".
Untuk menyemarakkan HTTB tersebut, PPTI Wilayah Jawa Barat bekerja sama dengan PPTI Cabang Kota Cirebon berencana mengadakan penyuluhan tentang penanggulangan TB MDR yang dikemas dalam permainan dan cerdas cermat. Peserta penyuluhan adalah para kader PPTI yang tersebar di 22 kelurahan di Kota Cirebon pada tanggal 24 Maret 2016 di Cirebon. Alasan dipilihnya materi penyuluhan karena menurut data Dinas Kesehatan Kota Cirebon, kasus TB MDR di Cirebon pada tahun ini meningkat 28 % dibanding tahun sebelumnya.
Hal itu disampaikan Dr. Ir. H. Itoc Tochija Ketua Pengurus Wilayah PPTI Jawa Barat bersama 4 orang Pengurus lainnya ketika beraudiensi dengan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat PPTI Ny. Raisis Arifin Panigoro yang didampingi Drg. Mariani Reksoprodjo, Sekretaris Umum BPP-PPTI di Kantor PPTI Jakarta tanggal 17 Februari 2016. Selain melaporkan kegiatan tersebut, Ketua Pengurus PPTI Wilayah Jabar juga minta dukungan PPTI Pusat agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik.
Menanggapi hal itu, Ny. Raisis Arifin Panigoro menyambut baik dan mengharapkan peserta penyuluhan tidak hanya kader PPTI tetapi ditambah dengan pasien TB yang masih berobat sehingga jumlahnya mencapai 200 orang. Untuk keperluan tersebut, PPTI Pusat memberikan bantuan berupa bahan pangan sebanyak 200 paket. Isi paket terdiri dari beras, kacang hijau, gula, susu bubuk, minyak goreng dan mie instan untuk dibagikan kepada para peserta. Bantuan bahan pangan tersebut merupakan sumbangan dari beberapa pengurus PPTI Pusat.
Berita ini disiarkan oleh BPP-PPTI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494 atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com

Badan Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo
Sekretaris Umum