PEDULI KUALITAS PELAYANANAN PASIEN TB


PEDULI KUALITAS PELAYANANAN PASIEN TB DI PUSKESMAS

Untuk membantu Puskesmas menemukan solusi dalam meningkatan kualitas pelayanan khususnya pasien TB, pada Jum'at, 20 Februari 2015 bertempat di Puskesmas Talun, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Blitar melalui Community Empowerment of People Against Tuberculosis (CEPAT) bersama kelompok masyarakat peduli TB, mengadakan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Kegiatan difokuskan pada kajian pelayanan di Puskesmas dari perspektif masyarakat atau pasien. Selain itu, sebagai perbandingan juga dilakukan kajian dengan responden petugas pelayanan TB di Puskesmas yang meliputi; Kepala Puskesmas, petugas laboratorium, petugas loket, dan pemegang program TB. Survei juga dilengkapi dengan observasi terhadap kondisi fisik dan pelayanan di Puskesmas.
"Selain kajian pelayanan, juga dilakukan wawancara untuk mengetahui capaian data yang diamanatkan dalam PMP (Performance Monitoring Plan), berupa data jumlah petugas Puskesmas yang dilatih DOTS, jumlah laboratorium pemeriksaan sputum dan mikroskopis, jumlah petugas laboratorium, dan status laboratorium Puskesmas.
Survei IKM ini dilakukan untuk yang kedua kali dan direncanakan dilakukan secara rutin setiap tiga bulan mencakup 3 Puskesmas di Kec.Talun dan Ponggok. Kegiatan ini melibatkan 12 orang interviewer atau observer yang telah dilatih untuk melakukan kajian IKM di Puskesmas", ungkap Wijianto Fasilitator Advokasi CEPAT-LKNU.
"Diharapkan kegiatan ini tumbuh kreativitas, prakarsa dan peran serta masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas disamping sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik bidang kesehatan, ungkap Nur Laili Korkab CEPAT-LKNU Kab. Blitar.