Baksos PPTI Pusat di Cianjur

Berita Pers
No.06.06.567.2014


BAKTI SOSIAL PPTI PUSAT DI CIANJUR


Jakarta, 17 Desember 2014.
Bertempat di Perkebunan Teh Maleber, Desa Ciherang, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Jawa Barat, Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) tanggal 17 Desember 2014 menggelar bakti sosial berupa penyuluhan tentang penyakit tuberkulosis (TB), pemeriksaan dan pengobatan secara gratis dan memberi bantuan bahan pangan dan bahan kebersihan (personal hygine) kepada masyarakat tidak mampu khususnya pasien TB yang masih berobat di Desa Sarampad dan Desa Ciherang serta kader PPTI Kabupaten Cianjur.
Bakti Sosial dihadiri para pejabat dari Kabupaten Cianjur dan dibuka oleh Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur yang membidangi Ekonomi Pembangunan, Tresna Gumilar.
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat PPTI, Ny. Raisis Arifin Panigoro dalam sambutannya mengatakan, PPTI adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang membantu pemerintah, baik pusat maupun daerah yang khusus bergerak dalam menanggulangi penyakit TB.
Tugas utama PPTI yaitu penyuluhan dan memberi santunan kepada masyarakat yang tidak mampu sebatas kemampuan organisasi. Penyuluhan dilakukan oleh kader-kader PPTI untuk memberi pengetahuan dan pemahaman tentang penyakit TB kepada masyarakat. Dengan penyuluhan para kader PPTI dapat membantu menemukan kasus/penderita TB di masyarakat dan melalui penyuluhan pula para kader PPTI dapat mendampingi dan memberi semangat pasien TB untuk menyelesaikan pengobatannya selama 6 bulan penuh sampai sembuh.
Menurut Ketua Umum BPP-PPTI, TB berkaitan erat dengan kemiskinan walaupun dapat menjangkiti siapa saja. TB, berkaitan dengan lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat, antara lain kurang udara segar / ventilasi udara dan kurang paparan sinar matahari. Selain itu TB juga berkaitan dengan HIV/AIDS, berkaitan dengan penyakit kencing manis dan kebiasaan merokok. Pada dasarnya mudah menjangkiti orang-orang dengan daya tahan tubuh yang rendah.
“Pada kesempatan yang baik ini, kami mengajak seluruh masyarakat untuk memulai berperilaku hidup bersih dan sehat, bergaya hidup yang sehat dengan antara lain berhenti merokok dan jangan memulai merokok bagi yang belum pernah merokok”, imbuh Ny. Raisis.
Sekretaris Umum BPP-PPTI Drg. Mariani Reksoprodjo dalam laporannya menyampaikan saat ini masih banyak kasus TB yang belum ditemukan dan berpotensi menjadi sumber penularan ditingkat masyarakat. Padahal penyakit TB dapat disembuhkan. Karena itu PPTI berupaya membantu pemerintah cq Dinas Kesehatan sebatas kemampuan organisasi.
Dalam bakti sosial ini, pemeriksaan dan pengobatan dilakukan oleh 3 orang dokter umum dari Klinik JRC - PPTI Pusat ; 1 orang Dokter umum dari Puskesmas Kecamatan Pacet Cipendawa ;1 orang dokter umum dari PPTI Cabang Cianjur, staf Klinik JRC - PPTI Pusat dan staf Puskesmas Kecamatan Pacet Cipendawa.
Bakti sosial terselenggara berkat kerjasama antara PPTI Pusat dengan jajaran Perkebunan Teh Maleber, Kecamatan Cugenang dan Kecamatan Pacet, termasuk Puskesmas Kecamatan Cugenang, Kecamatan Pacet, Desa Sarampad dan Desa Ciherang serta pihak-pihak terkait lainnya. Jumlah sasaran bakti sosial sebanyak 300 orang terdiri dari100 orang berasal dari desa Sarampad dan 200 orang berasal dari desa Ciherang.
Berita ini disiarkan oleh Badan Pengurus Pusat PPTI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494 atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com.
Badan Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo.
Sekretaris Umum


Dr. Achmad Hudoyo, Sp.P(K) Ketua II BPP-PPTI sedang melakukan penyuluhan tentang TB pada acara Bakti Sosial PPTI Pusat di area perkebunan teh Maleber, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur tanggal 17 Desember 2014.




dr. Namira (dokter Klinik JRC-PPTI) sedang memeriksa pasien pada acara Bakti Sosial PPTI Pusat di area perkebunan teh Maleber, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur tanggal 17 Desember 2014.




dr. MC. Joyce Tumbelaka,MARS(Pimpinan Klinik JRc-PPTI) sedang membagikan obat kepada masyarakat pada acara Bakti Sosial PPTI Pusat di area perkebunan teh Maleber, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur tanggal 17 Desember 2014.




Ibu Bintarti Meilono Bendahara BPP-PPTI sedang menyerahkan paket bantuan bahan pangan pada acara Bakti Sosial PPTI Pusat di area perkebunan teh Maleber, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur tanggal 17 Desember 2014.




Usai menyerahkan paket bantuan secara simbolis pada acara Bakti Sosial PPTI Pusat di area perkebunan teh Maleber, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur tanggal 17 Desember 2014 Ketua Umum BPP-PPTI Ny. Arifin Panigoro (ke 2 dari kanan), Ny. Sri Wahyuni B. Subianto Ketua Bidang Dana,Usaha dan Sosial BPP-PPTI (ke 4 dari kanan), Drs. Tresna Gumilar assisten Sekda Kabupaten Cianjur bidang ekonomi pembangunan (ke 6 dari kanan) dan Ny. Yanti Budhisantoso Ketua I BPP-PPTI (paling kiri) sedang berfoto bersama dengan masyarakat.