Pengurus PPTI Wilayah DKI Jakarta di Lantik

Berita Pers
No.06.06.490.2013

PENGURUS PPTI WILAYAH DKI JAKARTA DILANTIK

Jakarta, 1 Oktober 2013.

Tujuan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) adalah turut mewujudkan masyarakat sehat sejahtera dan tuberkulosis (TB) tidak lagi menjadi masalah kesehatan di Indonesia.Untuk mencapai hal itu, tugas pokoknya adalah melaksanakan penyuluhan, yang pada gilirannya dapat menemukan kasus (case finding) dan pendampingan pasien TB yang sedang berobat (case holding)agar tidak drop out atau putus berobat serta mengupayakan santunan kepada pasien TB yang kurang mampu.
Hal itu disampaikan Ibu Raisis Arifin Panigoro, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) PPTI ketika melantik Pengurus PPTI Wilayah DKI Jakarta masabakti 2012-2017 di Ruang SerbaGuna Kantor Pusat PPTI Jakarta tanggal 26 September 2013.Dalam acara tersebut hadir Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Basuki Tjahaya Purnama masing-masing selaku Ketua dan Wakil Ketua Kehormatan PPTI Wilayah DKI Jakarta.
Menurut Ny. Raisis, penyuluhan merupakan usaha untuk mengubah perilaku dan sekaligus memobilisasi masyarakat dalam penanggulangan TB. Di “garis depan” penyuluhan dilakukan oleh Kader PKK yang dibekali pengetahuan tentang TB.Berkaitan dengan hal ini, sejak tahun 1984 sudah dijalin kerjasama antara PKK dan PPTI yang dikukuhkan dengan Piagam Kerjasama antara Departemen Dalam Negeri cq Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat dengan Pengurus Pusat Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia
Ditambahkan, dalam Nota Kesepakatan tersebut telah ditentukan kegiatan dalam upaya pengendalian TB meliputi :

  1. Melakukan advokasi kepada pemangku kebijakan baik tingkat Pusat dan Daerah secara bersama-sama.
  2. Memberi pengetahuan dan informasi yang benar kepada masyarakat tentang penyakit TB
  3. Mengadakan pelatihan bagi kader PKK tentang TB
  4. Menggerakkan masyarakat melalui kader PKK untuk meningkatkan penemuan suspek TB dan merujuk ke Unit Pelayanan Kesehatan.
  5. Melakukan pengawasan dan pemantauan minum / menelan obat bagi pasien TB.
Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum BPP-PPTI mengharapkan Ibu Iriana Joko Widodo selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta menerima Pengurus Wilayah PPTI DKI Jakarta untuk bekerja sama dalam pengendalian TB khususnya di Provinsi DKI Jakarta. Di samping itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya juga diharapkan dapat membimbing Pengurus Wilayah PPTI DKI Jakarta agar dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik,sehingga dapat membantu Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dalam penanggulangan TB.
“Kepada seluruh Pengurus Wilayah PPTI DKI Jakarta masa bakti 2012-2017 saya atas nama seluruh Pengurus Pusat PPTI menyampaikan selamat bekerja, semoga upaya akselerasi pengendalian penyakit TB di DKI Jakarta dapat segera terwujud. Menjadi Pengurus PPTI adalah suatu pengabdian dan sekaligus memberi peluang bagi kita masing-masing untuk beramal dengan memberikan manfaat kepada masyarakat luas yang kebetulan kurang beruntung.Seperti dalam pepatah :Yangterbaikdiantarakamuadalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain, ujar Ibu Raisis.(Nama Pengurus dapat dilihat di box)
Berita ini disiarkan oleh BPP-PPTI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494 atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com

Badan Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo
Sekretaris Umum


            Gambar I : Ny.Raisis Arifin Panigoro Ketua Umum BPP-PPTI sedang             memberikan sambutan dan di dampingi oleh Ibu Iriana Joko Widodo Ketua             Kehormatan PPTI Wilayah DKI Jakarta(Kiri) dan Ibu Basuki Tjahaya             Purnama Wakil Ketua Kehormatan PPTI Wilayah DKI Jakarta(Kanan).

            Gambar II : Foto bersama Ny. Raisis Arifin Panigoro Ketua Umum             BPP-PPTI, Ny. Ratih Siswono Yudo Husodo, SH Ketua Badan Pengawas             PPTI Pusat dengan Pengurus PPTI Wilayah DKI Jakarta.

            Gambar III : Peserta Pelantikan Pengurus PPTI Wilayah DKI Jakarta