HUT PPTI dan Pelantikan Kader

Berita Pers
No.06.06. 255.A.2013

HARI KEBANGKITAN MEMERANGI TUBERKULOSIS

Tanggal 20 Mei adalah hari kebangkitan memerangi tuberculosis (TB), karena ada tiga peristiwa bersejarah di Indonesia. Ketiga hari itu ialah Hari Kebangkitan Nasional, Hari Bakti Dokter Indonesia dan Hari Ulang Tahun PPTI. Hal itu disampaikan Ny. Raisis Arifin Panigoro, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat PPTI pada peringatan HUT PPTI ke-45 dan pelantikan 19 kader PPTI yang sebagian besar mantan pasien TB Klinik JRC-PPTI di Kantor PPTI, Jalan Sultan Iskandar Muda No. 66 A Jakarta tanggal 22 Mei 2013.
Menurut Ketua Umum BPP-PPTI, penyakit TB masih menjadi masalah kesehatan, karena itu diperlukan individu-individu untuk memotivasi dan dukungan kepada pasien TB untuk tetap semangat melanjutkan pengobatannya sampai sembuh. Selain itu, memberikan penyuluhan kepada masyarakat di sekelilingnya, membantu menemukan pasien TB dan melaporkan kepada Puskesmas/fasilitas kesehatan terdekat. “ Saya bangga dan terima kasih atas kesediaan bapak-bapak dan ibu-ibu kader sekalian “, ujar Ny. Raisis Arifin Panigoro.
Para kader yang dilantik adalah Hj. Sri Mami Admodjo, Nunung Nurhayati, Dessy Damayanti,Yuniar K Hendarsih, Tukiyem, Hartini, Cholifah, Nurjanah, A. Rasyid, Rahmat Fauzi, Rahadi, Dwi Susilo Kurniawan, Humaini, Ferry Haryanto, Lusiyati, Hj. Rohayati, Buyung, David Amin, dan Suryadi. Sebelum terjun ke masyarakat, mereka akan diberikan pelatihan agar mampu membuat catatan dan pelaporan, memberikan penyuluhan dan lain-lain.
Saat ini PPTI telah memiliki model pengembangan dan peran PPTI dalam mendukung pemerintah khususnya Dinas-Dinas Kesehatan di tingkat provinsi sampai dengan Desa/kelurahan dalam penanggulangan TB di Indonesia. Saat ini model tersebut telah dilaksanakan oleh PPTI Wilayah Jawa Barat dan PPTI Cabang Cimahi. Sedangkan model pelayanan kesehatan dan manajemen klinik masih terus dimatangkan oleh Klinik JRC-PPTI dengan visi menjadi Klinik Spesialis percontohan dalam menerapkan strategi DOTS di DKI Jakarta pada akhir Tahun 2014.
Pada kesempatan tersebut, Ny. Raisis Arifin Panigoro menyatakan terkesan, terharu, kagum dan terima kasih atas upaya dan ketulusan mahasiswa yang tergabung dalam Asian Medical Student Association (AMSA) FK Trisakti Jakarta menyerahkan sumbangan kepada PPTI Pusat untuk disalurkan kepada pasien yang tidak mampu. Sumbangan diperoleh dari fund raising di Kampus Trisakti dalam rangka memperingati Hari TB Sedunia 2013 dengan menjual stricker.
“PPTI tidak melihat jumlah sumbangannya, tetapi melihat ketulusan para mahasiswa sehingga patut dicontoh oleh masyarakat lainnya”. Pada kesempatan yang baik ini kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para donatur, para pengurus dan pengawas PPTI dari tingkat pusat sampai Cabang dan Anak Cabang atas komitmen, dukungan dan ketulusannya membantu PPTI, ujar Ny. Raisis Arifin Panigoro.
Berita ini disiarkan oleh Pengurus Pusat Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494 atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com

Badan Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo
Sekretaris Umum


            Gambar I : Ny.Raisis Arifin Panigoro memberikan potongan tumpeng             kepada Ny. Yanthi Budhisantoso di Acara HUT PPTI ke 45 .

            Gambar II : Pelantikan kader oleh Ny. Raisis Arifin Panigoro.

            Gambar III : Penyerahan Sumbangan dari AMSA FK Trisakti kepada PPTI.