Bakti Sosial di Depok

Berita Pers
No.06.06.173.2013

PPTI PUSAT BAKTI SOSIAL DI KELURAHAN SUKATANI DEPOK

Bakti Sosial hari ini merupakan paduan dari tugas utama PPTI yaitu melakukan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan secara gratis dan memberi bantuan bahan pangan dan bahan kebersihan untuk diri pribadi (personal hygine) untuk masyarakat yang layak menerima, khususnya di Kelurahan Sukatani, Kec. Tapos Kota Depok. Kegiatan ini diadakan dalam rangkaian peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia Tahun 2013 dan menyambut HUT PPTI ke-45 tanggal 20 Mei 2013.
Hal itu disampaikan Ny. Raisis Arifin Panigoro, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) dalam pembukaan Bakti Sosial PPTI tanggal 10 April 2013 di Lapangan Tennis RW 20 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok.
Bakti Sosial semula akan diselenggarakan tanggal 4 April, namun karena bersamaan waktunya dengan Deklarasi Gerakan Deteksi Aktif (GERTAK) Tenaga Penyuluh TB se Kota Depok, maka pelaksanaannya dilaksanakan secara paralel. Karena itu, Walikota Depok Ir. Nur Mahmudi Ismail usai pencanangan GERTAK di Lapangan Kostrad Cilodong, meninjau Bakti Sosial PPTI didampingi Ir. Arifin Panigoro, Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia dan Ketua Umum BPP-PPTI, Ny. Raisis Arifin Panigoro.
Ny. Raisis Arifin Panigoro menambahkan, saat ini Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia. Menurut laporan WHO Tahun 2011, Indonesia menduduki urutan ke-4 dalam jumlah kasus TB setelah India, China, dan Afrika Selatan dan urutan ke-5 adalah Pakistan.
“Setiap tahun ditemukan 450.000 kasus TB baru (semua kasus TB), 197.000 diantaranya TB menular (BTA positif). Padahal setiap penderita TB BTA positif yang tidak segera diobati, dapat menularkan 10-15 orang per tahun. Di samping tingginya penularan, penyakit TB juga menyebabkan tingginya angka kematian di Indonesia. Setiap tahun terdapat 165.000 kematian atau 178 orang meninggal dunia setiap hari karena TB”, ujar Ketua Umum BPP-PPTI.
Penyakit TB dapat dicegah dan diobati. Oleh karena itu, PPTI memfokuskan kegiatannya pada upaya membangun kemitraan untuk pencegahan, pelayanan dan penanggulangan TB. Kegiatan Bakti Sosial hari ini merupakan wujud nyata peran serta PPTI untuk bersama-sama pemerintah menanggulangi penyakit TB agar tidak menjadi masalah kesehatan sehingga tujuan Indonesia Bebas TB pada tahun 2050 dapat terwujud, Ny. Raisis menambahkan.
Bakti Sosial merupakan agenda tetap PPTI Pusat yang diadakan minimal setahun sekali. Kelurahan Sukatani, Kec. Depok dipilih karena berdasarkan informasi Dinas Kesehatan Kota Depok dan PPTI Cabang Depok angka cakupan penemuan kasus TB masih rendah dan jumlah penerima Kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) relatif banyak.
Kegiatan Bakti bakti sosial meliputi penyuluhan disampaikan oleh Dr. Achmad Hudoyo, Sp.P. (K), Ketua II BPP-PPTI kepada 700 warga setempat. Pemeriksaan, pengobatan dan penjaringan suspek TB dilakukan oleh 10 tenaga dokter, 10 tenaga perawat dan 4 tenaga pelayanan obat dari Dinas Kesehatan dan PPTI Cabang Depok kepada 700 warga, dan pemberian bahan pangan untuk meningkatkan gizi (beras, gula, teh, minyak goreng, susu, mie instan, kacang hijau dan energen sereal) dan bahan personal hygine (sikat gigi, pasta gigi, sabun mandi dan shampo) kepada 350 KK termasuk Kader PPTI Kecamatan Tapos.
TB merupakan penyakit yang mudah menular, waktu pengobatannya lama yaitu 6-8 bulan. Karena itu dalam penanggulangan TB, keberadaan kader sangat diperlukan. Karena itu PPTI menyambut baik dan mendukung sepenuhnya Deklarasi Gerakan Deteksi Aktif 6.000 Tenaga Penyuluh TB se Kota Depok hari ini dihadapan Walikota Depok Ir. Nur Mahmudi Ismail. Semoga Depok menjadi pelopor dalam mendeteksi secara dini kasus TB, sehingga TB tidak menjadi masalah kesehatan menuju Depok Bebas TB sebelum tahun 2050 (lebih awal dari target Nasional pada tahun 2050).
Berita ini disiarkan oleh Pengurus Pusat Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494 atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com

Badan Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo
Sekretaris Umum

            Gambar I : Walikota Depok Ir. Nur Mahmudi Ismail sedang memberikan             pesan-pesan diacara BAKSOS PPTI.             


            Gambar II : Dr. Achmad Hudoyo, Sp.p(K) sedang memberikan penyuluhan
            kepada 700 warga setempat.

            Gambar III : Penyerahan Plakat dari Dr. Anna Rozaliyani,Mbiomed,Sp.P             Ketua PPTI Cabang Depok kepada Ny. Raisis Arifin Panigoro Ketua Umum             BPP-PPTI


            Gambar IV : Pengobatan gratis di acara BAKSOS PPTI.


            Gambar V : Wakil Walikota Depok Dr. Idris Abdul Somad sedang             membagikan sembako kepada peserta.


            Gambar VI : Bakti Sosial di Kelurahan Sukatani Depok