Penyuluhan bagi pasien TB

Berita Pers
No.06.06.80.2013

KLINIK JRC-PPTI ADAKAN PENYULUHAN

Jakarta, 20 Februari 2013

Bila diobati sampai tuntas sembuh (sesuai dengan strategi DOTS), itulah pesan yang harus diingat pasien Tuberkulosis (TB). Sesungguhnya DOTS adalah strategi penanggulangan TB yang dicanangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak tahun 1995. Melalui strategi ini, pasien TB harus minum obat anti TB (OAT) secara terus menerus selama 6 bulan lamanya. Agar pasien patuh minum OAT sampai tuntas, diperlukan pengawas menelan obat (PMO).
Untuk memotivasi pasien TB mengikuti pengobatan sampai sembuh, Klinik Jakarta Respiratory Center (JRC) PPTI mengadakan penyuluhan yang diikuti sekitar 160 pasien dan PMO bertempat di Ruang Serbaguna PPTI, Jl. Sultan Iskandar Muda No. 66A Jakarta tanggal 19 Februari 2013.
Penyuluhan diberikan oleh Dr. Yudanarso Dawud, Sp.P, MHA dokter ahli paru Klinik JRC dengan judul “Peran Disiplin Melawan Tuberkulosis”. “ Disiplin dalam menelan OAT adalah hal yang mutlak bagi kesembuhan pasien, ujar Dr. Yudanarso Dawud. Usai memberikan penyuluhan, Dr. Yudanarso membacakan puisi (lihat gambar VI).
Untuk memotivasi pasien TB agar patuh minum OAT, juga diundang Ibu Srimami sebagai motivator untuk berbagi pengalaman selama beliau minum OAT dengan para peserta.
Drg. Mariani Reksoprodjo, yang mewakili Ketua Umum Badan Pengurus Pusat PPTI membuka acara penyuluhan menyatakan bahwa tugas pokok PPTI adalah melakukan penyuluhan, penanggulangan dan pemberantasan TB serta mengupayakan santunan kepada pasien yang tidak mampu. Santunan bagi pasien tidak mampu diberikan dalam bentuk pengobatan dan pemeriksaan secara gratis di klinik milik PPTI Pusat. Selain itu, kepada pasien tidak mampu juga diberikan uang pengganti transport setiap kali mengambil obat di Klinik JRC-PPTI.
Dr. MC. Joyce Tumbelaka, MARS, Pimpinan Klinik JRC-PPTI menambahkan penyuluhan TB bagi para pasien merupakan paket pelayanan TB dengan strategi DOTS yang diberikan Klinik JRC-PPTI. Penyuluhan dilakukan oleh dokter spesialis paru minimal 2 kali selama pengobatan.
Sebagaimana diketahui penyakit TB masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan RI Tahun 2012, setiap hari 175 orang Indonesia meninggal dunia akibat penyakit tuberkulosis (TB). Berarti dalam setahun 64.000 orang Indonesia meninggal dunia akibat penyakit TB.
Berita ini disiarkan oleh Pengurus Pusat Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494 atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com

Badan Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo
Sekretaris Umum


            Gambar I : Peserta sedang mengisi daftar hadir acara penyuluhan yang
           dilaksanakan Klinik JRC-PPTI


            Gambar II : Drg. Mariani Reksprodjo, Sekretaris Umum BPP-PPTI
           (tengah) sedang memberikan sambutan pembukaan penyuluhan bagi pasien
           TB dan PMO, yang didampingi oleh Dr. MC. Joyce Tumbelaka, MARS
           (Kiri) dan Dr. Yudanarso Dawud, Sp.P (Kanan).


            Gambar III : Dr. Yudanarso Dawud, Sp.P, MHA sedang membawakan materi
           peran disiplin melawan Tuberkulosis (TB)


            Gambar IV : Para peserta sedang mengikuti penyuluhan


            Gambar V : Ibu Srimami sedang memberikan motivasi kepada pasien TB


            Gambar VI : Puisi untuk JRC