Hari TB Sedunia, 2012

Berita Pers
No.06.06.215.2012
HARI TB SEDUNIA 2012
Jakarta, 30 Maret 2012
Hari Tuberkulosis (TB) Sedunia, diperingati tanggal 24 Maret setiap tahun, dirancang untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa sampai saat ini TB masih menjadi epidemi di sebagian besar dunia, menyebabkan kematian jutaan orang setiap tahunnya, terutama di negara berkembang. Tanggal tersebut dipilih, karena pada tanggal 24 Maret 1882, ilmuwan Jerman, Dr. Robert Koch, di Berlin, Jerman, mengumumkan hasil temuannya “kuman Mycobacterium Tuberculosis” penyebab penyakit TB. Pada saat itu, TB merupakan ancaman terbesar di Eropa dan Amerika, menyebabkan kematian satu dari setiap tujuh orang. Penemuan Robert Koch membuka jalan menuju diagnosa dan pengobatan TB secara tuntas.

Robert Koch, nama lengkapnya Heinrich Hermann Robert Koch ( 11 Desember 1843 – 27 Mei 1910) selain menemukan kuman penyebab TB, juga penemu kuman penyebab anthrax (1877) dan kuman penyebab cholera (1883). Atas jasanya yang luar biasa, Robert Koch dianugerahi Nobel dalam bidang Ilmu Kedokteran pada tahun 1905.
Dalam memperingati Hari TB Sedunia 2012 di Indonesia dengan tema “ Bersatu Menuju Indonesia Bebas TB”, berbagai pihak telah merancang kegiatan-kegiatan, diantaranya: Simposium TB Nasional diadakan pada tanggal 31 Maret 2012 di Menara 165 Jl. TB Simatupang Kav. 1 Jakarta Selatan. Penanggung Jawab Simposium adalah FKUI/RSCM bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan didukung berbagai organisasi Peduli TB. Acara yang diikuti sekitar 900 peserta dibuka Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama mewakili Menteri Kesehatan. Setelah pembukaan, simposium diadakan secara paralel terdiri dari 4 sesi, yaitu sesi klinik, sesi program, Ina Respond dan sesi awam dan NGO. Dalam sesi awam dan NGO salah satu panelisnya adalah Dr. Prasenohadi, Sp.P., Ph.D. dari Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI).
Untuk meramaikan symposium juga diselenggarakan pameran yang diikuti Kementerian Kesehatan dan berbagai organisasi peduli TB diantaranya PPTI.
Fun Bike dan Jalan Sehat Memperingati Hari TB Sedunia, diadakan tanggal 1 April 2012 di Silang Monas Jakarta. Acara yang diikuti ribuan bikers dan peserta jalan sehat dibuka Menko Kesra HR. Agung Laksono, dan dihadiri Wakil Menteri Kesehatan Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D, Kepala BKKBN Dr. Sugiri Sjarief dan Dubes Amerika untuk Indonesia, Mr. Scot Marciel.
Berita ini disiarkan oleh Pengurus Pusat Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-7397494 atau alamat e-mail PPTI : ppti66@yahoo.com

Pengurus Pusat PPTI
Drg. Mariani Reksoprodjo
Pjs. Sekretaris Jenderal