Kegiatan PPTI Cabang Kabupaten Paser, Kalimantan Timur

KEGIATAN PPTI CABANG KABUPATEN PASER
WILAYAH PPTI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2009

(Materi : Kontribusi Cabang PPTI Kabupaten Paser, Kalimantan Timur)

1.Promosi dan advokasi peran PPTI dalam penanggulangan TB
Promosi dan advokasi peran PPTI disertai juga dengan sosialisasi tentang TB di kecamatan-kecamatan. Kelompok sasaran sementara ini adalah para kepala desa dan tokoh masyarakat serta pimpinan / petugas TB puskesmas kecamatan. Kegiatan ini belum mencakup seluruh kecamatan di Kabupaten Paser. Sementara baru meliputi Kecamatan Tanah Grogot, Kecamatan Pasir Belengkong, Kecamatan Kuaro, Kecamatan Long Ikis, Kecamatan Long Kali, dan Kecamatan Batu sopang. Jumlah peserta sosialisasi pada masing-masing kecamatan berkisar 40 - 50 orang. Waktu pelaksanaan bulan Juli dan Agustus.

Sedang kelompok sasaran perusahaan / badan usaha atau satuan kerja kegiatannya masih terbatas, sporadis, belum terstruktur dan sistematis. Promosi dan advokasi dilakukan melalui kontak-kontak person belum melembaga. Meskipun demikian respon yang diberikan menunjukkan tanda-tanda positip. Oleh karenanya kegiatan ini akan dikembangkan terstruktur, sistematis dan melembaga.
Dalam hubungannya dengan upaya promosi dan advokasi, PPTI juga menggelar acara donor darah dari para anggota pengurus PPTI, termasuk melibatkan undangan yang hadir dalam agenda pelantikan Pengurus Cabang PPTI Kabupaten Paser. Acara ini bekerjasama dengan PMI Cabang Kabupaten Paser.

2. Identifikasi Suspek TB
Kegiatan ini sebelumnya diawali dengan pelatihan Active Case Finding berbasis masyarakat. Pelaksaannya di lakukan di Gedung PKK pada tanggal 31 Oktober 2009. Pelatihan Active Case Finding dilaksanakan dengan mengikut-sertakan tenaga petugas TB puskesmas kecamatan dan kader masyarakat. Kegiatan ini secara langsung mampu menjaring penderita suspek TB di 8 kecamatan. Berdasarkan hasil identifikasi suspek terjaring penderita suspek TB baru sebanyak 171 orang penderita ditambah penderita TB positif sebanyak 7 orang.

3. Penyebarluasan informasi tentang TB
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 April 2009 bertepatan dengan hari pelantikan jajaran pengurus Cabang PPTI Kabupaten Paser. Kegiatan meliputi penyebaran brosur tentang keberadaan Cabang PPTI Kabupaten Paser, Stop TB dengan DOTS, serta Pedoman Pengawas Menelan Obat. Sasaran kegiatan masyarakat yang sedang berlalu-lntas serta para undangan pelantikan yang terdiri dari Muspida, Pimpinan Dinas / Lembaga di Kabupaten , Pimpinan Puskesmas Kecamatan, termasuk tokoh masyarakat, pimpinan perusahaan dan jajaran LSM.

4. Peningkatan Kapasitas dan Pemberdayaan SDM
Peningkatan kapasitas dan pemberdayaan SDM dilakukan antara lain dengan melaksanakan orientasi study bagi jajaran Pengurus PPTI Cabang Kabupaten Paser di Samarinda. Orientasi study terutama diarahkan dengan melakukan diskusi untuk berbagi pengalaman dengan jajaran Pengurus Wilayah PPTI Kalimantan Timur dan Pengurus PPTI Cabang Kota Samarinda. Diskusi tersebut banyak memberikan bekal pemahaman, persepsi serta wawasan terkait dan lingkup tugas, fungsi dan tanggung jawab pengurus PPTI secara lebih nyata.
Selain itu juga dilakukan pelatihan Sediaan Sputum BTA bagi para petugas TB Puskesmas, termasuk petugas poliklinik pada Rumah Tahanan Tanah Grogot. Pelatihan diselenggarakan di gedung PKK pada tanggal 31 Oktober 2009. Pelatihan diikuti oleh 40 orang peserta. Pelatihan ini baru menjaring 8 kecamatan, belum termasuk Kecamatan Muara Komam dan Kecamatan Pasir Belengkong. Untuk pelatihan ini tenaga pelatih atau nara sumber berasal dari petugas pelaksana program dari Dinas Kesehatan Kabupaten serta tenaga yang memiliki kompetensi/keahlian dibidangnya pada jajaran PPTI Paser.

5. Fasilitasi Perbaikan Kebutuhan Gizi Penderita TB
Fasilitasi perbaikan kebutuhan gizi penderita TB diberikan dalam bentuk bantuan makanan tambahan berupa susu. Besaran bantuan makanan tambahan ini minimal. Hal ini karena faktor ketersediaan dana yang terbatas. Selain itu bantuan ini sifatnya menginisiasi dan stimulan, dengan harapan agar penderita mau berobat sampai sembuh. Jumlah peserta yang dibantu saat ini baru berjumlah 52 orang penderita, tersebar di Kecamatan Tanah Grogot, Kecamatan Pasir Belengkong, Kecamatan Kerang, Kecamatan Kuaro, Kecamatan Long Ikis, Kecamatan Longkali, Kecamatan batu Kajang, Kecamatan Muara Komam dan Kecamatan Muara Samu. Pemberiaan bantuan lebih diarahkan pada penderita yang masih aktif berobat.

6. Fasilitasi Perbaikan Lingkungan Permukiman Penderita TB
Kegiatan ini merupakan kerja sama antara pengurus PPTI, Pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Paser dan Puskesmas Suatang Baru. Perbaikan lingkungan permukiman penderita ini diarahkan pada penderita TB yang kondisi rumahnya tidak layak kesehatan atau tidak memenuhi syarat standar rumah layak huni dari keluarga miskin. Penerima bantuan atas nama Ibu Popai di Dusun Giri Mas Desa Suatang Baru Kecamatan Pasir Belengkong. Kegiatan ini selayaknya untuk dikembangkan, agar penderita dapat memperoleh kesembuhan yang permanen. Pada umumnya tempat tinggal para penderita TB kurang memenuhi standar minimum rumah sehat.

download Kegiatan Kabupaten Paser (disini)