Puncak Kegiatan TB Day, 2010

Puncak Kegiatan TB Day 2010

”Tingkatkan Inovasi, Percepat Aksi, Melawan Tuberkulosis” itulah Tema Peringatan Hari TB Sedunia 2010. Dengan semangat itu semua partner yang tergabung dalam TB Partnership Forum bersatu padu menyukseskan gelaran TB Day tahun ini yang puncak peringatannya di laksanakan di Balai Kartini, 24 Maret 2010.
Gelaran TB Day tahun 2010 begitu terasa megah, dengan di hadiri Menteri kesehatan, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, partner, masyarakat, dan mantan penderita TB serta pameran dari seluruh partner yang terlibat dalam penanggulangan TB di Indonesia, pada acara ini juga di isi dengan seminar mengenai TB, yang di isi oleh beberapa narasumber yang handal.

Acara Peringatan TB Day 2010 di mulai dengan Laporan dari Ketua Umum PPTI selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, dilanjutkan dengan Sambutan dari Menteri Kesehatan, dan Pengarahan sekaligus Pembukaan acara Seminar oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat. Pada Acara puncak TB Day ini juga diadakan pameran yang dibuka oleh Menteri Kesehatan. Pameran ini di ikuti oleh partner-partner yang tergabung dalam TB Partnership forum, para partner mengisi stand yang berjumlah kurang lebih 20 stand dengan banner, leaflet, kalender, poster, digital printing yang isinya beraneka ragam, yang bertujuan untuk penanggulangan TB di Indonesia.
Peringatan TB Day ke-128 kali ini di isi dengan seminar sehari tentang TB. Sesi pertama adalah dr. Erlina Burhan yang mengangkat tema ”TB bisa disembuhkan”. Dalam paparannya dr Erlina Burhan menyampaikan gejala penderita TB, cara penularan TB, pengobatan TB, sampai pencegahan TB. Pada sesi kedua, diisi oleh dr. Atikah M. Zaki dari Aisyiyah dengan Tema ”Upaya Penggerakan Partisipasi Masyarakat dalam Penanggulangan TB”. Dalam paparannya di informasikan peran Aisyiyah sebagai wadah kemitraan dan gerakan komunitas dalam penanggulangan TB. Sesi terakhir seminar diisi oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan yang mengambil tema ”Upaya Terobosan Menuju Akses Universal : Layanan DOTS berkualitas disemua tingkat pelayanan”
Setelah diskusi yang hangat, acara dilanjutkan dengan testimoni oleh mantan penderita TB, ada 2 mantan penderita TB yang memberikan kesaksian, Penderita TB Anak dan Penderita TB Dewasa. Mereka berbagi informasi mulai dari sebab terkena TB sampai menjalani pengobatan.
Acara puncak peringatan TB Day tahun 2010 ditutup oleh Direktur P2ML, Kementrian Kesehatan.


Presentasi dr Erlina Burhan ”TB Bisa Disembuhkan” dapat di download ....disini....